Valverde Enggan Mainkan Messi Meskipun Impresif Saat Latihan

Lionel Messi telah berlatih dengan tim pada beberapa hari yang lalu namun Ernesto Valverde tidak akan tergesa-gesa untuk memainkannya kembali ketika Barcelona akan menghadapi Borussia Dortmund di ajang Liga Champions.

Kapten tim nasional Argentina ini belum melakoni satu laga pun pada musim ini karena cedera paha yang menimpanya di laga pra-musim namun namanya tetap masuk dalam daftar skuad yang akan berangkat ke Signal Iduna Park untuk melakoni laga perdana fase grup Liga Champions.

Valverde sangat terkesan dengan performa Messi di pemusatan latihan namun belum akan membuat keputusan apakah sang kapten akan turun sejak awal atau tidak.

“Kami akan menuntukannya sebelum laga dimulai,” ujarnya. “Kebugarannya masih belum pasti satu pekan yang lalu, namun ia bersama timnya pada beberapa sesi latihan terakhir dengan melakukan penyelesaian akhir yang paten seolah tidak merasakan rasa sakit akibat cederanya. Kami akan melihat apa yang akan kami putuskan.”

Kesempatan Emas Bagi Fati

Kembali atau tidaknya Messi, Barca akan memberikan debut impian bagi Ansu Fati di Liga Champions. Pemain berusia 16 tahun tersebut sukses membuat kejutan di La Liga musim ini.

Fati menjadi pemain termuda Barca yang sukses mencetak gol melawan Osasuna pada bulan lalu dan mencatatkan debut di Camp Nou pada akhir pekan lalu dilengkapi dengan sebuah gol dan satu assist di tujuh menit awal kala membantai Valencia 5-2.

“Saya belum berbicara dengannya, hanya berbicara masalah taktikal,” ujar Valverde. “Saya tidak suka sejarah tentang memberikan saran kepada pemain. Tentu saja saya akan berbicara dengannya, namun anda harus memberikannya ruang untuk bernafas.

“Apa yang telah ia lakukan sangat luar biasa. Jika ia bermain, ini bukanlah soal memecahkan banyak rekor tetapi karena kebutuhan tim yang mendesak. Kami sangat menyukainya.”

Barca hanya menelan satu kali kekalahan dalam 28 laga terakhir di fase grup Liga Champions namun mereka berada dalam tekanan untuk menunjukkan performa fantastis musim ini setelah tersingkir secara mengenaskan dari Liverpool di babak semifinal setelah unggul agregat 3-0 di leg pertama.

Valverde yakin Dortmund akan memberikan ujian yang sangat berat bagi tim asuhannya kali ini, mengingat kekecewaan kala menelan kekalahan dari Liverpool empat gol tanpa balas musim lalu dan tersingkir secara dramatis dari Roma di babak perempat final satu musim sebelumnya.

“Saya memprediksikan Dortmund akan bermain di level tertinggi. Tim ini adalah penantang serius di Bundesliga dan juga di kancah Eropa. Ini akan menjadi ujian yang bagus bagi kami,” ujarnya.

“Ini adalah kompetisi dimana satu laga buruk akan membuat anda berantakan, bahkan jika anda menunjukkan performa terbaik pada saat itu. Kedua tim yang berlaga di partai final musim lalu (Liverpool dan Tottenham Hotspur) menelan kekalahan lebih banyak dibandingkan yang kita terima. Anda tidak bisa berleha-leha bahkan dalam 10 menit.”

Laga melawan Dortmund nanti akan mempertemukan Barca dengan mantan punggawanya yaitu Paco Alcacer yang kembali menemukan permainan terbaiknya setelah memutuskan hengkang dari Camp Nou dengan status pinjaman pada tahun 2018 lalu.

“Alcacer adalah pemain yang fantastis dan ia menunjukkan performa yang luar biasa di Dortmund dan tim nasional,” ujar Valverde. “Ia bermain secara reguler bersama Dortmund. Apa yang kita ketahui tentang Alcacer adalah tentang kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya di atas lapangan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *