Revolusi Sarrismo di Chelsea

Revolusi Sarrismo di Chelsea

Chelsea baru saja mendapatkan pelatih anyarnya untuk memimpin tim melakoni berbagai laga musim ini. Nama Maurizio Sarri dipilih oleh manajemen Klub untuk menggantikan Antonio Conte yang dinilai gagal mempertahankan gelar Liga Primer Inggris. Sebelumnya Maurizio sarri adalah arsitek dari klub Italia Napoli.

Bersama Napoli, Sarri mampu membuat tim tersebut bersaing di papan atas liga Italia secara konsisten dan juga sekaligus bersaing di Liga Europa. Pemilihan Sarri sebagai pelatih Chelsea memang megindikasikan jika Chelsea menginginkan lebih dari sekedar ganti pelatih saja, tetapi juga revolusi permainan Chelsea. Maurizio Sarri memang dikenal memiliki gaya permainan yang khas yang disebut dengan ‘Sarrismo’.

Sarrismo milik Sarri memang mirip dengan tiki taka khas Spanyol. Namun perbedaannya adalah Sarrismo menekankan pada kombinasi umpan umpan pendek dan juga penguasaan bola didaerah lawan. Gaya permaianan ini memang cukup mirip dengan yang coba dilakukan Pep Guardiola di Manchester City. Sarrismo menuntut para pemainnya untuk bisa bermain dengan cepat dan juga mampu memafaatkan peluang sekecil apapun di ruang yang sempit.

Sosok pemain Jorginho dinilai menjadi tumpuan utama skuat Chelsea yang bermain dengan gaya Sarrismo ini. Sarri akan bertumpu pada Jorginho dalam hal mengalirkan bola dari belakang langsung ke depan dengan umpan umpan yang tajam. Selain itu para bek Chelsea juga dituntu mampu membangun serangan dari belakang. Hal inilah yang membuat Sarrismo dijuluki juga sebagai Tiki taka vertikal.

Dengan skema permaian 4-3-3 dan bisa berubah sewaktu waktu dengan 4-5-1 saat bertahan dan 4-4-2 dalam posisi menekan. Sarri menginstruksikan para pemainnya untuk merapat ketengah dan membentuk segitiga segitiga kecil untuk dapat memainkan umpan umpan pendek dan cepat. Sarri juga meminta anak asuhnya untuk merebut bola secepat mungkin dan juga melakukan presing ketat terhadap lawan.

Permainan Sarrismo semacam ini membutuhkan fisik dan kecerdasan pemain yang sangat baik. Bagi pemain, tentu bukan hal yang mudah untuk mempraktekannya dan dibutuhkan adaptasi yang membutuhkan waktu. Patut kita tunggu apakah Sarrismo dapat dilakukan oleh Chelsea musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *