Pilih Neuer atau Ter Stegen, Low?

Pelatih tim nasional Jerman Joachim Low belum memutuskan apakah ia akan memainkan kapten Manuel Neuer atau Marc-Andre ter Stegen jelang laga persahabatan melawan Serbia.

Neuer yang kini berusia 32 tahun menjadi pilihan utama kala Jerman memainkan seluruh partai di putaran grup Piala Dunia 2018 dan terus menjadi pilihan utama di seluruh laga di UEFA Nations League dimana Die Mannschaft harus tersingkir dari kasta tertinggi yang menjadi pelengkap tahun buruk yang menimpa mereka.

Low telah mengungkapkan jika ia tidak segan untuk meninggalkan para pemain bintang yang telah merengkuh gelar juara dunia lima tahun lalu. Alhasil adalah Low tidak memanggil tiga punggawa senior yang bermain untuk Bayern Munich yaitu Thomas Muller, Jerome Boateng dan Mats Hummels.

Neuer yang juga kapten Bayern Munich masih menjadi bagian dari rencana Low meskipun posisinya sebagai penjaga gawang nomor satu terancam setelah penampilan buruknya di Liga Champions kala tersingkir dari Liverpool pekan lalu. Ditambah lagi dengan komentar mantan kapten tim nasional Jerman Lothar Matthaus yang mengungkapkan bahwa performa kelas dunia yang ditampilkan oleh Ter Stegen dalam dua tahun terakhir bersama Barcelona harusnya menjadi jaminan baginya untuk menjadi penjaga gawang utama tim nasional.

Low menekankan bahwa kapten tim nasional Neuer masih menjadi pilihan utama namun ia juga mengungkapkan bahwa Ter Stegen akan mendapatkan waktu bermain dan belum menentukan pilihan siapa yang akan menjaga mistar gawang jelang laga melawan Serbia.

“Kami belum menentukan pilihan siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama,” ujar Low kepada wartawan di konferensi pers.

“Kami akan menunggu hingga sesi latihan terakhir. Seperti yang saya katakana sebelumnya, kami memiliki beberapa pertandingan penting tahun ini dan hanya dua laga uji coba melawan Serbia dan Argentina.

“Jadi Marc akan mendapatkan kesempatan seperti apa yang telah saya katakan.

“Namun untuk pertandingan melawan Serbia, kami belum memutuskan apa-apa. Kami akan berbicara malam ini dengan staff pelatih dan tentu saja dengan para penjaga gawang.”

Jerman akan memulai petualangan mereka di kualifikasi EURO 2020 melawan Belanda hari Selasa depan.

Tidak dipanggilnya Hummels, Boateng dan Muller oleh Low adalah sebuah indikasi bahwa ia menginginkan pembaharuan di tubuh tim nasional dan ia menambahkan bahwa ia akan mendukung para pemain muda dan berharap mereka akan berkembang di ajang internasional.

“Saat ini kami memulai era yang baru dan tantangan baru,” ujar Low.

“Saya harus memberikan keyakinan kepada tim ini bahwa saya mempercayai mereka.

“Kami harus memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang, memberikan kepercayaan dan tanggung jawab serta memberikan solusi kepada mereka ketika mereka membuat kesalahan sehingga mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi menatap laga selanjutnya.”

Ambisi Ter Stegen

Ter Stegen menunjukkan hasratnya ingin menjadi penjaga gawang utama tim nasional Jerman. Tekanan pun diberikan kepada Manuel Neuer oleh Ter Stegen. Mantan penjaga gawang Borussia Monchengladbach ini merasa jengah karena jarang mendapatkan kesempatan bermain oleh Low di tim nasional Jerman.

Low pun ikut berkomentar tentang ambisi Ter Stegen untuk menggusur Neuer dari posisi kiper utama Jerman.

“Tidak ada yang salah dengan perkataan Ter Stegen. Saya pikir perkataannya juga tidak ditujukan kepada Neuer atau para staff pelatih. Ia hanya memiliki ambisi dan ia telah melakukan apa yang ia lakukan untuk menjadi penjaga gawang hebat dalam dua tahun terakhir bersama Barcelona,” ujar Low.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *