Piala Liga Inggris Terapkan Aturan Baru

Piala Liga Inggris Terapkan Aturan Baru

Piala Liga Inggris atau yang kerap disebut dengan Carabao Cup akan menerapkan aturan baru. Aturan baru tersebut menyebutkan, tidak akan ada tambahan perpanjangan waktu jika tim yang bertanding mengalami hasil seri. Pertandingan hanya akan berjalan selama 90 menit dan akan langsung menuju babak adu pinalti. Namun aturan ini tidak berlaku pada laga final. Jika pada laga final skor masih imbang dalam waktu 90 menit maka akan diadakan babak tambahan dua kali lima belas menit dan jika masih imbang maka baru akan berlanjut ke babak adu pinalti.

Sebelumnya memang Piala Liga Inggris selalu memberikan tambahan waktu jika tim yang bertanding bermain imbang selama 90 menit dan itu tidak akan terjadi lagi musim ini. Aturan ini diambil dengan mempertimbangkan faktor kelelahan yang akan dialami pemain serta agar semua tim menurunkan pemain terbaiknya, akhirnya diputuskan menghilangkan babak perpanjangan waktu dan juga pertandingan replay.

“Menghapus tambahan waktu 30 menit secara langsung akan mengatasi masalah kelelahan yang terkadang terjadi pada laga tengah pekan yang berjalan lebih dari 90 menit,” ungkap pihak EFL sebagai penyelenggara Piala Liga Inggris. Sistem pinalti yang akan dilakukan juga masih menganut sistem lama yakni dengan pola ABAB. Berbeda dengan sistem adu pinalti baru yang menggunakan pola ABBA.

Aturan lainnya adalah setiap kartu kuning yang diterima pemain hanya akan berpengaruh pada turnamen tersebut saja atau Piala Liga Inggris saja. Pasalnya sebelum aturan baru ini dibuat, kartu kuning yang diterima pemain di Piala Liga Inggri juga akan berpengaruh di Liga Inggris. Selain itu penggunaan VAR juga akan mulai dipergunakan dalam semua laga di Piala Liga Inggris.

Sebelumnya VAR hanya diaktifkan pada laga semifinal dan juga final saja. Berbagai aturan baru yang diterapkan oleh pihak penyelenggara Piala Liga Inggris ini bertujuan untuk memudahkan para pemain maupun tim yang akan berlaga. Selain itu aturan baru ini juga akan menambah keseruan setiap laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *