Oliver Kahn Puji Kiper Prancis dan Inggris

Oliver Kahn Puji Kiper Prancis dan Inggris

Siapa yang tak kenal dengan kiper legendaris Jerman Oliver Kahn? Kiper yang berjuluk King Kahn ini juga merupakan legendan klub Bayern Munchen dan telah mencatatkan 429 kali penampilan bersama. Di kancah Piala Dunia, nama Oliver Kahn juga tidak bisa diremehkan mengingat ia pernah meraih Golden Ball pada Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan, hal tersebut tentu sesuatu yang sangat istimewa karena sangat jarang seorang pesepak bola yang berposisi sebagai kiper meraih Golden Ball di Piala Dunia. Namun kini ketika Kahn sudah pensiun, ia memberikan sanjungan yang tinggi kepada para penjaga gawang yang berlaga pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sanjungan ini sangat pantas didapatkan oleh kiper modern seperti saat ini karena menurut Khan kiper di era seperti saat ini memiliki peran yang berbeda. Lebih lanjut Khan menjelaskan bahwa kiper di era sekarang ini tidak hanya harus bagus memberikan reflek terhadap bola yang hendak masuk kegawangnya, tetapi juga harus berperan sebagai “kiper – pemain’ yang lebih terlibat dalam permainan.

Pernyataan Kahn ini memang terbukti benar karena jika kita mengamati peran kiper dalam sebuah tim saat ini bisa jadi menjadi seorang stoper atau juga bisa menjadi orang yang mengawali sebuah skema serangan.

Pria berusia 49 tahun ini secara spesifik memuji penampilan kiper Inggris Jordan Pickford dan kiper Prancis Hugo Loris. Keduanya memang tampil sangat mencuri perhatian dengan banyak penyelamatan gemilang yang dilakukan pada saat Piala Dunia 2018 lalu.

Bahkan Hugo Loris dapat mengantar Prancis meraih gelar Piala Dunia untuk kedua kalinya sekaligus mendapatkan penghargaan Golden Glove atau kiper terbaik. Oliver Kahn bahkan memberikan pujian yang cukp tinggi kepada Pickford yang dianggapnya paling menunjukkan performa yang sangat bagus sebagai kiper modern.

Ia juga mengatakan bahwa Pickford mampu membuktikan bahwa postur tubuhnya yang tidak terlalu tinggi untuk ukuran seorang pemain kiper (185 cm) dapat menjalankan tugas dengan sangat baik tidak hanya menjadi penjaga gawang tetapi juga sebagai bek tambahan bagi tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *