Norwich City 3-2 Manchester City: Juara Bertahan Tersandung di Carrow Road

Norwich City membuat kejutan setelah mengalahkan juara bertahan Premier League Manchester City 3-2 meskipun the Canaries sedang mengalami krisis pemain.

Kekalahan pertama tim tamu sejak bulan Januari lalu terlihat ketika para pemain bertahan sering melakukan kesalahan, namun Norwich, yang berhasil mencetak gol berkat sumbangan Kenny McLean, Todd Cantwell dan Teemu Pukki memang pantas mendapatkan kemenangan kandang kedua mereka sejak promosi ke Premier League.

Rodri memperkecil ketinggalan ketika laga menyisakan dua menit untuk memberikan harapan kepada City untuk menyamakan kedudukan namun dengan kekalahan ini tim asuhan Pep Guardiola tertinggal lima poin dari Liverpool sang pemuncak klasemen. The Reds menorehkan rekor 100% kemenangan dalam lima pertandingan awal.

Norwich tidak diperkuat oleh 11 pemain utamanya karena cedera dan harus mendaftarkan dua penjaga gawang di bangku cadangan, namun tim asuhan Daniel Farke mengejutkan juara bertahan dengan unggul lebih dulu di menit ke-18.

Kelemahan City yang terlihat dari sepak pojok kembali terjadi dan ketika Emiliano Buendia melancarkan set piece pertama ke area tersebut, McLean memanfaatkan ruang untuk melancarkan sundulan keras.

Keadaan semakin memburuk bagi juara bertahan 10 menit berselang. Rodri kehilangan bola di lini tengan dan City harus menanggung kesalahan tersebut setelah Pukki dengan mudah memberikan umpan kepada Cantwell untuk menggandakan keunggulan.

Sundulan Raheem Sterling hanya mampu menerpa mistar gawang dalam usaha membalikkan keadaan dan Sergio Aguero memperkecil kedudukan sebelum turun minum setelah memaksimalkan umpan silang Bernardo Silva.

Kesalahan fatal Nicolas Otamendi memberikan Norwich gol ketiga mereka tak lama babak kedua berjalan, Buendia sukses mencuri bola dari bek asal Argentina tersebut dan memberikan umpan manis kepada Pukki untuk mengubah skor menjadi 3-1 – gol ke-8 bagi klub dan tim nasional pada musim ini.

Pep Guardiola memasukkan Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus dan Riyad Mahrez dari bangku cadangan untuk menambah daya gedor namun ketiga pemain tersebut tidak dapat menyelamatkan juara bertahan dari kekalahan meskipun tendangan keras Rodri dari jarak 20 yard berhasil menaklukkan Tim Krul.

City Cari Pengganti Laporte

Berita buruk muncul ketika Aymeric Laporte harus absen selama enam bulan dan menjadi pukulan telak bagi City yang baru saja kehilangan sosok pemimpin di lini belakang yaitu Vincent Kompany.

John Stones sering tidak bermain karena cedera dan Otamendi selalu membuat kesalahan fatal seperti yang ia lakukan akhir pekan lalu. Guardiola pun tidak memiliki pemain sepadan untuk melapis lini pertahanan.

Guardiola mengatakan kepada wartawan sebelum pertandingan bahwa City tidak akan mengakuisisi seorang pemain belakang di bulan Januari namun ia memikirkan hal tersebut setelah performa lini belakang yang cukup mengecewakan.

Pukki Terus Mencetak Gol

Sejak 5 Mei, penyerang asal Finlandia, Pukki, telah bermain di 10 laga untuk Norwich dan tim nasional dan hanya gagal sekali mencetak gol dari penampilannya tersebut. Di usia 29 tahun memang bisa dikatakan cukup telat bagi Pukki untuk berkarir di Premier League, namun ia tidak menunjukkan adanya kegugupan.

Mencetak gol terkadang menjadi masalah bagi tim promosi namun dengan Pukki yang sukses menyabet gelar pemain terbaik Premier League bulan Agustus, Norwich memiliki pemain yang bisa diandalkan. Bukan hanya mencetak gol, Pukki juga merupakan tipe penyerang yang tidak egois, terbukti ketika umpan matangnya membuat Cantwell leluasa untuk mencetak gol kedua bagi Canaries ke gawang City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *