Napoli 2-0 Liverpool: Mertens dan Llorente Jungkalkan Juara Bertahan

Gol-gol yang masing-masing dicetak oleh Dries Mertens dan Fernando Llorente membawa Napoli menang 2-0 di kandang sendiri atas juara bertahan Liverpool di laga perdana The Reds mempertahankan gelar juaranya.

Tim asuhan Carlo Ancelotti sukses memetik tiga angka lewat gol penalty yang dicetak oleh Mertens dan Llorente jelang laga usai. Kemenangan ini cukup untuk memastikan bahwa mereka berhasil mengulang sejarah untuk memetik kemenangan di Grup E yang mentas di Stadio San Paolo dini hari tadi.

Andy Robertson melakukan pelanggaran terhadap Jose Callejon di dalam kotak penalty dan setelah meliat tayang ulang VAR wasit menunjuk titik putih dan Mertens sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo penalty untuk menaklukkan Adrian di menit ke-82.

Liverpool mendapatkan keburuntungan kala sukses lolos dari fase grup pada musim 2018-19 dan tim asuhan Jurgen Klopp kembali harus bangkit dari kekalahan tandang atas Napoli musim ini setelah gol perdana Llorente bagi klub memastikan tiga poin bagi Il Partenopei.

Jalannya Pertandingan

Napoli dapat menjebol gawang tim tamu di awal-awal babak pertama namun terlebih dulu terperangkap offside ketika Hirving Lozano menyundul bola mutah hasil tepisan Adrian mementahkan sepakan keras Fabian Ruiz.

Tendangan Sadio Mane berhasil diantisipasi dengan baik oleh Alex Meret di menit ke-20 – Liverpool mencatatkan tembakan pertama ke gawang pada laga ini setelah gagal melakukannya di laga tandang musim lalu.

Dan The Reds harusnya bisa menyelesaikan babak pertama dengan skor 1-0 namun sundulan Firmino melebar setelah memanfaatkan umpan matang James Milner pada laga ke-200 penyerang tim nasional Brazil tersebut.

Napoli mendapatkan kesempatan pemas pertama di babak kedua, Adrian menunjukkan reaksi yang brilian untuk mementahkan peluang emas Mertens setelah memaksimalkan umpan silang Fabian, kemudian Mane terlalu kencang memberikan umpan kepada Mohamed Salah setelah melancarkan serangan balik.

Liverpool mulai menekan pertahanan lawan dan setelah memanfaatkan kesalahan fatal Kalidou Koulibaly dan Kostas Manolas, Salah hampir saja memecah kebuntuan di menit ke-65 namun peluang emasnya masih bisa digagalkan oleh Meret.

Penjaga gawang Napoli kembali harus menggagalkan peluang Mane kala Liverpool tampaknya akan mendapatkan satu poin dari kandang Napoli, namun ketika Callejon menusuk kotak penalty dan dijatuhkan oleh Robertson, wasit pun menunjuk titik putih.

Namun Mertens harus menunggu ketika wasit melihat tayang ulang VAR. Penyerang tim nasional Belgia tersebut dengan tenang menaklukkan Adrian. Beberapa menit kemudian Virgil Van Dijk melakukan kesalahan fatal di menit-menit akhir laga yang langsung dimanfaatkan oleh Llorente untuk menggandakan keunggulan sekaligus memastikan kemenangan bagi tuan rumah.

Sejarah Terulang di Naples

Gol jelang laga usai yang dicetak oleh Lorenzo Insigne mambawa tim asuhan Carlo Ancelotti menang 1-0 atas Liverpool musim lalu dan mendapatkan dua peluang yang membentur tiang gawang, sementara Liverpool menjadi juara bertahan pertama yang menelan kekalahan di laga perdana Liga Champions sejak AC Milan menorehkannya pada musim 1994-95.

Liverpool hanya mampu menorehkan satu laga tanpa kebobolan dalam delapan laga musim ini. catatan ini tentu saja harus diwaspadai Klopp khususnya ketika Van Dijk sebagai pemimpin di lini belakang melakukan kesalahan yang berbuah gol kedua bagi tuan rumah.

Mertens Penyelamat

Gol ke-11 Mertens di Liga Champions membawa timnya menang, dengan pemain tim nasional Belgia tersebut juga memaksa Van Dijk melakukan kesalahan fatal untuk gol kedua Napoli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *