Muller, Hummels dan Boateng ditinggal Low

Tiga personel Jerman kala menjuarai Piala Dunia 2014 sepertinya akan menemui akhir karir mereka di tim nasional. Pelatih Jerman Joachim Low telah memberikan konfirmasi bahwa ia tidak akan lagi memanggil trio Thomas Muller, Jerome Boateng dan Mats Hummels. Low ingin memberikan sebuah tampilan yang segar bagi tim nasional Jerman.

Muller menorehkan penampilan ke-100 untuk tim nasional Jerman ketika bermain imbang 2-2 melawan Belanda di ajang UEFA Nations League bulan November tahun lalu. Pada pertandingan tersebut, Hummels juga bermain sejak awal laga. Sementara Boateng terakhir kali berbaju Die Mannschaft pada bulan Oktober tahun lalu ketika menelan kekalahan tiga gol tanpa balas dari lawan yang sama.

Jerman menuai hasil yang cukup buruk sepanjang tahun 2018 yang lalu. Pada putaran final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Rusia, Jerman sebagai juara bertahan malah tersingkir di babak fase grup. Lalu pada ajang UEFA Nations League, Marco Reus dan kawan-kawan berada di juru kunci grup yang juga dihuni oleh Belanda dan juara dunia Prancis.

Kegagalan tersebut membuat Low sebagai pelatih kepala melakukan beberapa kebijakan, salah satunya adalah tidak memanggil terlalu banyak pemain senior ke tim utama. Low pun berkata: “Perubahan akan sangat krusial pada saat ini untuk dilakukan.”

Utamakan Pemain Muda

Sementara itu, Low telah membuat sebuah kebijakan yang cukup Kontroversial dengan tidak memanggil trio pemain yang membela panji Bayern Munich ke skuad Jerman.

“2019 akan menjadi awal yang baru bagi tim nasional sepakbola Jerman,” Ujarnya kepada Bild.

“Kami ingin melanjutkan apa yang telah menjadi kebijakan kami di akhir tahun lalu. Mats Hummels, Thomas Muller, dan Jerome Boateng tidak akan lagi menjadi bagian dari skuad tim nasional Jerman.

“Sangat penting bagi saya secara personal untuk menjelaskan kepada pemain dan manager Bayern Munich tentang apa yang telah saya rencanakan dan apa yang saya telah putuskan.

“Ketiga pemain tersebut masih pemain kelas dunia yang telah menjadi andalan di klub mereka dan sebuah garansi kesuksesan.

“Mereka adalah pemain hebat yang telah menjadi bagian tim nasional Jerman dalam kurun waktu yang cukup lama. Mereka telah memberikan yang terbaik bagi tim nasional Jerman selama bertahun-tahun. Saya mengucapkan terima kasih kepada Thomas, Jerome, dan Mats untuk tahun-tahun yang sangat menyenangkan bersama kami di tim nasional.

“Di tim nasional, sangat penting bagi untuk membuat rencana masa depan. Kami ingin membuat perubahan di tubuh tim. Saya yakin ini akan menjadi sebuah langkah yang tepat.”

Jerman akan menghadapi Serbia dalam laga persahabatan tanggal 20 Maret 2019 sebagai pemanasan jelang kualifikasi EURO 2020 empat hari kemudian melawan Belanda. Low telah memberikan tantangan kepada para pemain muda Jerman untuk dapat mengulang sukses para senior mereka. Dan Low pun yakin wajah baru ini akan menjadi era yang sangat menjanjikan.

“Kami mengirimkan sebuah pesan yang jelas.” Tambahnya. “Para pemain muda di tim nasional memiliki kesempatan yang mereka butuhkan untuk dapat berkembang. Sudah saatnya mereka memiliki tanggung jawab lebih kepada tim nasional.”

Sporting Director tim nasional Oliver Bierhoff berkata bahwa ini adalah saat yang tepat bagi tim nasional Jerman untuk menatap masa depan.

“Kami membuat keputusan yang tepat untuk tim nasional agar dapat kembali berjaya di pentas Internasional,” Ujarnya. “Kini kami ingin memberikan kesempatan lebih kepada para pemain muda secara konsisten.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *