Menanti Sosok Paul Gascoigne Baru di Timnas Inggris

Menanti Sosok Paul Gascoigne Baru di Timnas Inggris

Manajer muda tim nasional Inggris, Gareth Southgate, mengatakan bahwa skuatnya kini membutuhkan pemain dengan karakter yang mirip dengan Paul Gascoigne. Paul Gascoigne sendiri merupakan salah satu legenda timnas Inggris yang dikenal sangat baik di lini tengah Inggris, ia dikenal mampu mengubah jalannya permainan menjadi lebih mudah. Hal ini Southgate ungkapkan karena dirinya ingin timnas Inggris mampu bersaing dengan tim tim unggulan lainnya.

Southgate sendiri sebenarnya dinilai sudah berhasil mengantarkan Inggris mencapai peningkatan yang amat signifikan. Terlebih pada gelaran Piala Dunia 2018 yang lalu, Southgate bersama tim nasional Inggris telah berhasil melangkah lebih jauh dari pada sebelumnya. Harry Kane dan kawan kawan berhasil menembus empat besar Piala Dunia edisi lalu. Bahkan optimisme timnas Inggris mampu menyabet gelar juara Piala Dunia 2018 sempat kencang dirasakan para fans Inggris. Namun seperti yang kita ketahui timnasional Inggris harus mengakui keunggulan Kroasia dan juga Belgia sehingga harus puas di posisi ke empat saja.

Southgate menilai saat ini timnas Inggris membutuhkan pemain yang memiliki kreatifitas yang bagus di lini tengah. Pelatih berusia 48 tahun tersebut mencontohkan adanya sosok Thiago Alcantara di timnas Spanyol atau Luka Modric di timnas Kroasia. Southgate sendiri mengakui bahwa dirinya belum menemukan sosok yang pas seperti yang ia inginkan untuk mengisi lini tengah timnas Inggris.

“Satu-satunya [gelandang kreatif] dalam hidup saya adalah Paul Gascoigne. Saya pikir dia adalah konsekuensi dari bakat unik. Saya pikir apa yang terjadi di tingkat junior adalah ada penekanan lebih pada kemampuan teknis, tepatnya sejak usia lima, enam, tujuh tahun, ada lebih banyak penekanan pada kemampuan memegang bola dan bermain. Spanyol memiliki lini produksi untuk jangka waktu yang lama.

Lihat saja mereka yang pergi dan yang masuk ke tim. Untuk tipe gelandang kreatif, mereka menghasilkan lebih banyak daripada tim lain di dunia,” ujar Southgate. Timnas Spanyol selama beberapa tahun belakangan ini memang seperti tak pernah kehabisan talenta berbakat terutama di line tengah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *