Lilipaly Solusi Lini Depan Timnas Indonesia U-23

Lilipaly Solusi Lini Depan Timnas Indonesia U-23

Nama Stevano Lilipaly memang baru masuk ke skuat timnas Indonesia U-23 dimenit menit akhir penetapan skuat. Namun ternyata keputusan pelatih Luis Milla tersebut sangat tepat. Terbukti Stefano Lilipaly mampu menjadi bintang dalam laga perdana timnas Indonesia U-23 saat melawan Taiwan di ajang Asian Games. Nama Lilipaly memang tidak asing bagi timnas Indonesia, namun belakangan namanya dicoret oleh Luis Milla dan Absen dalam laga uji coba timnas Indonesia selama bulan November 2017.

Lini depan timnas Indonesia U-23 memang menjadi persoalan tersendiri bagi pelatih Luis Milla. Pemain pemain top seperti David Maulana, Illja Spasojevic, Lerby Eliandry, hingga Boaz Salosa sudah pernah dicoba oleh Luis Milla dan hasilnya masih buntu. Stefano Lilipaly akhirnya kembali di panggil ke Timnas Indonesia U-23 untuk melakoni laga Asian Games dan hasilnya ia mampu mencetak sepasang gol dalam laga perdana tersebut. Bahkan salah satu golnya dicetak dengan sangat cantik melalui tendangan salto.

Pemain berdarah campuran Indonesia Belanda ini memiliki pergerakan yang sangat liar sehingga sangat menyulitkan para bek lawan untuk mengawalnya. Lilipaly juga kerap muncul tiba tiba untuk menyambut umpan silang dari sayap tim garuda. Sepanjang laga melawan Taiwan, Lilipaly sebenarnya bisa saja mencetak lebih dari tiga gol andai berbagai peluang emas yang ia dapatkan dapat dimaksimalkan dengan baik.

Di timnas Indonesia, Lilipaly tidak mendapatkan peran yang sembarangan. Ia di plot sebagai  trequartista. Peran ini menuntut ia berada dibelakang penyerang dan juga didepan para gelandang. Lilipaly harus mampu mencetak gol sendiri atau juga membuat peluang bagi penyerang. Selain itu Lilipaly juga mendapat tugas untuk menarik perhatian para bek lawan sehingga akan ada pemain lain yang tak terkawal.

Berbagai kegemilangan yang diraih Lilipaly tersebut hanyalah awalan dari laganya di Asian Games. Semua pemain Timnas Indonesia U-23 dituntut tidak boleh berpuas diri dan harus mampu tampil konsisten jika ingin meraih prestasi. Kita lihat saja sejauh mana timnas Indonesia mampu melaju dalam Asian Games 2018 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *