Konfli Antar Negara, Mkhitaryan Terancam Absen Lawan Qarabag

Konfli Antar Negara, Mkhitaryan Terancam Absen Lawan Qarabag

Henrikh Mkhitaryan santer dikabarkan akan absen pada laga lajutan Liga Europa ke kandang Qarabag. Kabarnya konflik antar negara merupakan penyebab Mkhitaryan tidak bisa melakukan perjalanan ke Azerbaijan, negara asal Qarabag. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mkhitaryan berasal dari Armenia. Kabarnya konflik yang saat ini tengah terjadi antara Armenia dengan Azarbaijan membuat keamanan Mkhitaryan ketika melawat ke markas Qarabag dipertaruhkan.

Selain itu faktor izin masuk ke Azerbaijan juga akan menyulitkan bagi Mkhitaryan. Sebenarnya konflik antara Armenia dengan Azerbaijan sudah berlangsung cukup lama. Bahkan sejak Mkhitaryan membela Borussia Dortmund, Mkhitaryan pernah memilih absen ketika melakukan lawatan ke Azerbaijan. Namun Mkhitaryan sebenarnya bisa saja tetap ikut bersama rombongan Arsenal ke Azerbaijan. Pasalnya visa berkunjung ke Azerbaijan tetap akan diberikan kepada warga Armenia yang datang dengan tujuan bertanding sebagai Atlet. Selain itu terdapat juga syarat syarat tertentu yang bisa dipenuhi supaya Mkhitaryan dapat bertanding melawan Qarabag.

“Satu-satunya aspek di mana konflik memengaruhi izin masuk warga negara asing ke Azerbaijan adalah apakah orang tersebut sebelumnya pernah mengunjungi Nagorno-Karabakh dan wilayah lain yang diduduki di Azerbaijan tanpa persetujuan tertulis dari Republik Azerbaijan. Keputusan pemberian visa Azerbaijan kepada semua warga negara asing tunduk pada aturan dan peraturan tertentu berdasarkan undang-undang nasional dan perjanjian internasional Azerbaijan. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengajukan pertanyaan apakah Henrikh Mkhitaryan akan diberikan visa Azerbaijan atau tidak, yang tidak bisa dijawab di depan seperti kasus dengan negara mana pun termasuk Inggris, tapi apakah kebangsaannya akan memengaruhinya mendapatkan visa Azerbaijan, jawabannya adalah: tidak,” jelas perwakilan kedutaan.

“Keselamatan dan keamanan semua pemain dan staf kami selalu jadi prioritas utama. Kami akan melihat situasinya, bicara kepada pemain, dan membuat keputusan setelahnya,” ujar juru bicara Arsenal.

Hasil undianfase grup Liga Europa memang mengharuskan Arsenal melakukan perjalanan ke Azerbaijan lantaran tergabung bersama klub Qarabag. Pihak Arsenal sendiri masih akan menimbang apakan akan membawa Mkhitaryan pada laga kedua fase grup Liga Europa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *