Klopp Jilat Ludahnya Sendiri

Klopp Jilat Ludahnya Sendiri

Manajer Liverpool Jurgen Klopp memang dikenal sering kali mengeluarkan pernyataan yang cukup kontroversial. Salah satunya adalah dua tahun lalu ketika Paul Pogba didatangkan dari Juventus Ke Manchester United dengan mahar sebesar £90 juta, saat itu Klopp berujar bahwa ia akan pensiun dari dunia persepakbolaan jika harga transfer pemain terus menggila. Pada saat itu transfer Pogba ke Manchester United memang terbilang sangat luar biasa.

Namun Klopp harus menjilat ludahnya sendiri ketika saat ini Liverpool sangat loyal dalam mendatangkan pemain bintang. Yang paling baru ada transfer kiper AS Roma ke Liverpool. Liverpool diharuskan membayar £66,8 juta untuk mendapatkan jasa Alisson, transfer tersebut memecahkan rekor sebagai kiper termahal dunia yang sebelumnya dipegang oleh Gianluigi Buffon.

Jika ditotal, Liverpool sendiri telah mengeluarkan lebih dari £170 juta atau setara Rp 3,2 triliun untuk mendatangkan para pemain bintangnya musim ini. Tercatat nama-nama pesepak bola ternama seperti Naby Keita, Xhedan Shaqiri, hingga Fabinho telah didatangkan ke Liverpool. Bahkan sebelumnya Liverpool juga melakukan salah satu pembelian termahalnya yaitu dengan mendatangkan bek muda asal Southampton dengan mahar sebesar £75 juta yaitu Virgil van Dijk.

Manajer yang berhasil membawa Liverpool melaju ke Final Liga Champion 2018 ini mengutarakan pembelaannya terkait pernyataan tersebut. Klopp mengatakan bahwa sebelumnya ia tidak membayangkan jika dunia berubah seperti sekarang. Ia juga menambahkan bahwa dua tahun lalu uang sebesar £100 juta adalah angka yang sangat gila dan semuanya kini telah berubah.

Berbagai pembelian yang dilakukan oleh Liverpool sebenarnya berbanding lurus dengan capaian yang diraihnya. Walaupun belum menunjukkan hasil dengan meraih trofi namun secara keseluruhan permainan Liverpool mengalami peningkatan perkembangan yang cukup drastis. Sebagai manajer Klopp bertanggung jawab untuk membawa klub menjadi lebih sukses lagi.

Klopp bisa saja membeli pemain dengan harga yang lebih murah, tetapi hal tersebut dirasa sia-sia jika tidak membawa kesuksesan bagi Liverpool. Klopp sendiri mengatakan bahwa ia tidak peduli dengan ucapan orang lain seperti saat Manchester United tidak peduli dengan ucapan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *