Kiper Timnas Filipina Raih Kesuksesan di Inggris

Kiper Timnas Filipina Raih Kesuksesan di Inggris

Kiper asal Filipina Neil Etheridge berhasil melejit bersama Cardiff City di Liga Primer Inggris. Namun keberhasilannya tersebut bukanlah hasil yang ia raih dengan mudah. Ahkan ia disebut pernah menjual mobil hingga rumahnya untuk dapat membiayai kariernya di dunia sepak bola. Bahkan Neil juga pernah gawangnya dibobol oleh para striker timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2010. Pada saat itu timnas Indonesia bertemu dengan timnas Filipina dalam babak semifinal. Pada laga yang berlangsung du leg tersebut, Filipina mengalami dua kekalahan dengan skor 0-1 lewat gol yang dicetak oleh striker yang sama yakni El Loco Gonzales. Neil dipaksa tertunduk lesu lantaran gagal mengantarkan timnasnya melaju hingga babak final.

Perjalanan karier Neil juga tidak berjalan dengan mulus. Ia pernah berpindah pindah klub mulai dari Fulham, Leatherhead, Charlton Athletic, Bristol Rovers, hingga Crewe Alexandra pernah ia perkuat. Bahkan pada tahun 2014 setelah dilepas oleh Fullham, ia mengalami masa masa tersulit kala ia belum juga menemukan klub tempat berlabuhnya. Pada masa itu bahkan Nei sempat menjual rumah dan juga mobilnya, ia juga berfikir untuk kembali ke Filipina saja jika kariernya tidak berhasil di Inggris.

“Saya pernah menghabiskan lima bulan tanpa tim dan pada akhirnya saya bisa melanjutkan karier saya meski harus membayar untuk dapat berlatih dengan Charlton Athletic. Saya bekerja sekeras yang saya sanggup. Saya juga sempat menjual rumah, mobil, dan saya nyaris meninggalkan semuanya dan kembali ke Filipina. Saya juga pernah tinggal di rumah sahabat saya dan tidur di sofa.” Ujar Neil.

Namun nasib baik mulai datang ketika ia dikontrak oleh Cardiff City yang ternyata berhasil meraih posisi Runner up di Liga Championship musim lalu dan berhak promosi ke Liga Primer Inggris pada musim ini. Pada laga perdananya, meski menelan kekalahan 2-0, ia berhasil mendapatkan pujian karena berhasil menahan tendangan penalti dalam laga tersebut. Bahkan pada laga selanjutnya Cardiff berhasil meraih poin dengan menahan imbang Newcastle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *