Jerman 8-0 Estonia: Reus dan Gnabry Pimpin Pesta Gol

Marco Reus dan Serge Gnabry masing-masing menyumbang dua gol kala Jerman sukses menghabisi Estonia delapan gol tanpa balas pada laga yang mentas di Mainz dini hari tadi. Dengan kemenangan ini tim Panser sukses mempertahankan 100% kemenangan di kualifikasi EURO 2020.

Jerman yang masih belum didampingi oleh Joachim Low karena cedera pada bulan lalu tampil gahar dengan Reus dan Gnabry sebagai motor serangan mereka. Estonia memang bukan tim yang berada satu level dengan juara dunia empat kali ini.

Bintang Borussia Dortmund membuka keunggulan tuan rumah di awal-awal laga. Jerman kembali menambah keunggulan lewat Gnabry, Leon Goretzka dan Ilkay Gundogan sebelum Reus kembali mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 5-0.

Setelah mencetak lima gol di babak pertama untuk pertama kalinya sejak mengalahkan Brazil 7-1 di Piala Dunia 2014, mereka tampil tenang di babak kedua. Gnabry kembali masuk papan skor sebelum Timo Werner dan Leroy Sane melengkapi kemenangan tuan rumah.

Jerman terpaut tiga poin dari Irlandia Utara yang berada di puncak klasemen Grup C dengan mengantongi satu pertandingan lebih banyak.

Jalannya Pertandingan

Jerman mengawali laga dengan langsung menekan pertahanan Estonia dan sukses membuka keunggulan di menit ke-10. Thilo Kehrer mengirimkan umpan silang mendatar ke kotak penalty lawan dari arah sayap kanan dan Reus sukses memanfaatkannya menjadi gol.

Gnabry menggandakan keunggulan tuan rumah dengan sepakan jarak dekat memanfaatkan umpan manis Sane. Goretzka menambah keunggulan Jerman di menit ke-20 lewat sundulan kepalanya ke kiri bawah gawang lawan memanfaatkan umpan silang Joshua Kimmich.

Goretzka kembali terlibat dalam terjadinya gol keempat Jerman setelah dirinya dijatuhkan Joonas Tamm di kotak penalty. Gundogan sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo penalty.

Reus cetak gol kelima tuan rumah sebelum turun minum lewat sepakan bebas indah dari jarak 30 yard yang menghujam pojok kanan atas gawang Estonia.

Setelah turun minum, Jerman sedikit menurunkan tempo permainan namun kembali menambah keunggulan ketiga laga berusia satu jam lewat Gnabry yang sukses mengkonversi umpan datar Marcel Halstenburg.

Werner yang masuk menggantikan Reus di menit ke-66 mencetak gol ketujuh pada laga ini setelah mengecoh Sergei Lepmets dengan chip indahnya. Sane menutup pesta gol tuan rumah dengan sepakan melengkung setelah lepas dari jebakan offside.

Dalam Performa Terbaik

Banyak pertanyaan yang muncul tentang performa Jerman tahun lalu setelah gagal total di Piala Dunia dan hilangnya pemain-pemain senior. Namun dengan wajah baru dan pemain muda, Die Mannschaft kembali menunjukkan tajinya.

Estonia memang bukan lawan sepadan bagi Jerman, namun tiga kemenangan beruntun di kualifikasi EURO 2020 dan pesta gol di Mainz semakin menambah rasa percaya tim asuhan Joachim Low ini.

Reus Pimpin Pasukan

Menjadi aktor utama pada lini serang Jerman, Reus sukses mencatatkan namanya di papan skor bagi gol pertama tuan rumah. Kerja samanya dengan rekan-rekan lain sangat luar biasa ketika menyerang. Sepakan bebasnya menjadi gol yang sangat indah.

Jerman akan menghadapi Belanda dalam lanjutan laga kualifikasi EURO 2020 pada bulan September mendatang. Low diharapkan sudah bisa mendampingi anak asuhnya di pinggir lapangan. Estonia mencari kemenangan perdana mereka di Grup C ini ketika menjamu Belarusia tiga bulan kedepan, mengingat Estonia selalu menelan kekalahan dari tiga laga yang telah mereka lakoni di Grup C ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *