Jerman 1-1 Serbia: Hasil Imbang Untuk Wajah Baru Der Panzer

Leon Goretzka menyelamatkan muka tim nasional Jerman ketika anak asuh Joachim Low hanya dapat bermain imbang 1-1 melawan Serbia dalam tajuk partai persahabatan Kamis lalu. Ini adalah pertandingan pertama bagi era baru Jerman setelah memutuskan tidak lagi memanggil Mats Hummels, Thomas Muller dan Jerome Boateng.

Low membuat keputusan mengejutkan di awal bulan ini ketika mengumumkan tiga pemain yang pernah mengantarkan Jerman menjadi juara dunia tidak lagi dibutuhkan jasanya dan tidak masuk dalam rencananya jangka panjang Low. Meskipun gol yang dicetak Goretzka berhasil memaksakan hasil imbang melawan Serbia di Wolfsburg, performa lini belakang yang kurang tangguh membuat Jerman merindukan sosok Boateng dan Hummels.

Wajah baru di lini belakang Jerman bermain cukup baik di 12 menit pertama babak pertama berjalan hingga Luka Jovic yang dikaitkan dengan Barcelona berhasil menceploskan bola ke gawang Manuel Neuer dari jarak dekat. Serbia pun banyak mengancam gawang tuan rumah di sepanjang babak pertama.

Tim tuan rumah bermain lebih baik setelah turun minum dan hasilnya 30 menit sebelum bubaran mereka berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Goretzka meksipun mereka gagal menggandakan keunggulan ketika tim tamu harus bermain dengan sepuluh pemain kala Milan Pavkov di usir wasit di menit akhir pertandingan.

Jerman mengontrol pertandingan di awal-awal babak pertama namun justru Serbia yang berhasil mencetak gol terlebih dulu di percobaan pertama mereka. Jovic berhasil menaklukkan Neuer dengan tandukannya setelah tendangan penjuru terlebih dahulu berbelok arah tepat ke kepala penyerang Eintracht Frankfurt tersebut.

Serbia hampir saja kebobolan di delapan menit jelang babak pertama usai ketika penjaga gawang Marko Dimitrovic berhasil mementahkan usaha Timo Werner untuk mencetak gol di ruang yang kosong.

Tim tamu berhasil mempertahankan keunggulan di babak pertama setelah serangan balik yang dilakukan Darko Lazovic berhasil mengirimkan umpan matang kepada Adem Llajic yang tidak terjaga namun sepakannya hanya melambung jauh di atas mistar gawang Neuer.

Serbia kembali mengancam gawang Jerman setelah turun minum ketika Lazovic gagal menuntaskan umpan matang dari ujung kotak penalty.

Kegagalan tersebut membawa malapetaka 21 menit jelang pertandingan usai. Goretzka yang berhasil mengecoh satu pemain belakang tim tamu langsung menceploskan bola dengan mengalahkan Dmitrovic.

Serbia harus bermain dengan sepuluh pemain setelah pemain pengganti Pavkov diganjar kartu merah oleh wasit karena tackle-nya terhadap Leroy Sane dianggap berbahaya. Jerman tidak mampu memanfaatkan keunggulan pemain untuk bisa menambah keunggulan di waktu yang hampir usai.

Merindukan Boateng dan Hummels?

Keputusan Low untuk tidak lagi memanggil Hummels dan Boateng ke tim nasioanal menjadi keputusan yang aneh ketika mengacu pada pertandingan Kamis lalu. Pertahanan Jerman terlihat sangat gugup ketika menerima serangan dinamis dari Serbia dan mereka mungkin saja kebobolan lebih banyak gol apabila Serbia tidak banyak membuat kesalahan di depan gawang.

Dmitrovic Tampil Gemilang

Ketika Jerman memiliki pemain yang tampil luar biasa di babak kedua seperti Sane dan Marco Reus, penjaga gawang Serbia juga tampil brilian dengan melakukan beberapa penyelamatan gemilang. Ia sesungguhnya pantas mendapatkan clean sheet meskipun gagal menyelamatkan gawangnya dari sepakan Goretzka.

Harvetz Gagal Membuat Impresi

Jerman bermain cukup buruk di babak pertama dan empat pemain depan mereka gagal menunjukkan permainan terbaik. Pemain yang paling disorot adalah Kai Harvetz yang tidak terlihat di babak pertama. Permainan tuan rumah kembali bergairah ketika Harvetz ditarik keluar dan digantikan oleh Reus di babak kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *