Efek Hengkangnya Ronaldo Bagi Real Madrid

Efek Hengkangnya Ronaldo Bagi Real Madrid

Ronaldo memang baru saja pindah dari Real Madrid menuju ke ke klub raksasa Italia Juventus pada bursa tranfer musim panas lalu dengan bandrol mencapai 100 juta euro. Kepergian Cristiano Ronaldo sekilas memang tidak memberikan pengaruh terlalu besar terhadap performa Real Madrid di atas lapangan. Para pemain lain seperti Isco, Bale, hingga Benzema bahu membahu untuk bisa mengisi peran yang selama ini dilakukan oleh Ronaldo.

Bahkan sejumlah pihak mengatakan jika kepergian Ronaldo memberikan efek positif kepada para pemain lainnya yang bisa secara leluasa mengeluarkan seluruh kemampuan yang mereka miliki. Namun jika kita menengok ke bagian tempat duduk penonton di kandang El Real, Santago Bernabeu barulah efek negatif kepergian Ronaldo baru akan terasa.

Madrid baru saja menjalani laga perdana pada pertandingan pertama mereka di Liga Spanyol musim 2018/2019 dengan bertemu melawan Getafe. Dalam laga tersebut, Real Madrid yang bertindak sebagai tuan rumah, mampu unggul 2-0 lewat gol Dani Carvajal dan juga Gareth Bale. Meski bermain dikandang dan bermain dengan sangat bagus, nyatanya tim asuhan pelatih Julen Lopetegui ini tidak mendapatkan dukungan penuh dari para suporternya.

Bahkan Real Madrid hanya mencatatkan kurang dari 60 persen suporter saja yang memenuhi stadion Santago Bernabeu. Jumlah penonton tersebut adalah yang terendah dalam satu dekade terakhir ini. Kapasitas penonton di stadion Santiago Bernabeu mencapai 81.044 tempat duduk dan dalam laga tersebut hanya terisi sebanyak 48.446 kursi saja.

Sementara itu pada musim lalu, Real Madrid ditonton oleh sekitar 61 ribu penonton pada laga pertama di kandang mereka kala menjamu Valencia. Jumlah tersebut tentu mengalami penurunan drastis pada musim ini. Penurunan jumlah penonton ini ditengarai karena kepergian sang mega bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo. Memang tidak dapat dipungkiri jika Ronaldo memang menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para pecinta sepak bola seluruh dunia. Namun sebenarnya fans setia akan selalu mendukung klub apapun yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *