Duel Klasik Sesama Tim Inggris di Liga Champions

Tim-tim Premier League sangat jumawa di Liga Champions musim ini dengan meloloskan empat tim ke babak perempat final. Bahkan dua waklinya harus saling baku hantam yaitu Manchester City yang akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur. Ya, Spurs dan City dijadwalkan akan bertempur di babak perempat final bulan depan. Pertemuan sesame tim asal Inggris telah menghasilkan beberapa pertandingan besar pada babak knockout Liga Champions.

Manchester City berhasil lolos ke babak perempat final setelah mengandaskan perlawanan Schalke di babak 16 besar. Di leg pertama, City sukses mengalahkan tuan rumah Schalke dengan skor 2-3. Lalu ketika ganti menjamu tim asal Jerman tersebut, anak asuh Pep Guardiola malah semakin menggila dengan menggilas tamunya tujuh gol tanpa balas. Alhasil City berhak lolos dengan agregat 10-2.

Spurs pun tidak kalah garang di babak 16 besar lalu setelah menyingkirkan tim kuat asal Jerman Borussia Dortmund dengan agregat 4-0. Setelah menang tiga gol tanpa balas di kandang sendiri, Son dan kawan-kawan berhasil melanjutkan dominasi kala ganti bertandang ke Jerman lewat gol tunggal yang dicetak oleh Harry Kane.

Kedua tim diprediksi akan menyuguhkan pertandingan yang menarik dan sengit. Sebelum menyaksikan duel sarat gengsi ini, berikut ini adalah beberapa pertandingan klasik antara dua tim Inggris yang pernah bentrok di babak gugur Liga Champions.

Liverpool 1-0 Chelsea: Semifinal 2004-05

Sebelum mengangkat trofi si kuping besar pada musim 2004-05 setelah mengalahkan AC Milan dengan dramatis di partai puncak, Liverpool terlebih dahulu menyingkirkan Chelsea pada partai semifinal yang juga tak kalah dramatis. Pada leg kedua yang mentas di Anfield, gol awal yang dicetak oleh Luis Garcia menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga semifinal tersebut meskipun berbau kontroversial.  Pemain asal Spanyol tersebut mencungkil bola ke arah gawang melewati Petr Cech yang telah mati langkah, meskipun William Galas muncul untuk menghalau bola sebelum melewati garis gawang namun wasit mengesahkan gol tersebut yang kemudian disebut ‘ghost goal’.

Chelsea 1-1 Manchester United (5-6 AP): Final 2007-08

Di Premier League, United unggul dua poin dari Chelsea untuk merengkuh gelar juara, dan hasil yang sama juga terjadi di final Liga Champions ketika Red Devils lagi-lagi mempencundangi The Blues. Dua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit lewat gol-gol yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo dan Frank Lampard sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Didier Drogba harus diusir keluar lapangan karena memukul Nemanja Vidic. Kedudukan tidak berubah selama perpanjang waktu dan pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalty. Chelsea tampaknya akan mengangkat piala untuk pertama kalinya setelah Ronaldo gagal menaklukkan Cech, namun John Terry gagal memanfaatkan momen tersebut setelah sepakannya hanya melebar ke arah kanan gawang Edwin Van Der Sar karena terpeleset terlebih dahulu. Penjaga gawang asal Belanda menjadi pahlawan setelah berhasil menahan sepakan Nicolas Anelka.

Manchester City 1-5 Liverpool (Agg): Perempat final 2017-18

City boleh saja merajai Premier League, namun di Eropa langkah mereka harus terhenti di tangan Liverpool. Di leg pertama, anak asuh Jurgen Klopp sukses mempencundangi Citizen tiga gol tanpa balas. Ketika leg kedua mentas di Etihad, peluang City terbuka lebar setelah Gabriel Jesus sukses mencetak gol cepat, namun gol dari Mo Salah dan Roberto Firmino membuat Liverpool melangkah ke semifinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *