De Rossi Resmi ke Boca Juniors

Daniel De Rossi telah resmi merapat ke Boca Juniors, setelah dikonfirmasi oleh pihak klub.

De Rossi menjadi pemain bebas transfer kala dilepas oleh AS Roma setelah kontraknya berakhir.

Hanya Francesco Totti yang memiliki catatan penampilan paling banyak bagi Giallorossi dibandingkan De Rossi yang menjadi kapten Roma.

Mantan gelandang tim nasional Italia yang ikut serta ketika menjadi juara Piala Dunia 2006, diberitakan akan segera gantung sepatu, namun ia dikabarkan juga menjadi incaran klub Serie A lainnya seperti Fiorentina.

Namun keputusannya jelas ketika ia akhirnya menerima pinangan Boca Juniors pada hari Rabu lalu ketika kedatangannya di bandara Argentina dirayakan besar-besaran.

Kedatangan De Rossi diumumkan secara resmi oleh pihak Boca, setelah pemain berusia 36 tahun tersebut diberitakan telah menandatangani kontrak hingga Maret tahun 2020.

Kepindahannya ke Boca dikabarkan menjadi pembuka pintu bagi pemain tim nasional Uruguay, Nahitan Nandez, untuk segera bergabung dengan tim Serie A lainnya yaitu Cagliari.

Statistik Karir De Rossi

De Rossi melanjutkan karir professionalnya selama 18 tahun dengan bergabung dengan raksasa Argentina, Boca Juniors.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 16 ini meninggalkan kampung halamannya pada akhir musim lalu setelah tidak menandatangani perpanjangan kontrak.

Menjadi ikon Stadio Olimpico, dimana ia melakukan debut pada bulan Oktober tahun 2001, pemain berusia 36 tahun ini akan kembalil berjibaku di lapangan tengah dengan bermain di stadion ikonik La Bombonera setelah menandatangani kontrak pada hari Rabu lalu.

Ia merapat ke Buenos Aires sebagai pemenangan Piala Dunia dan juga sukses meraih gelar domestik seperti dua kali Coppa Italia dan Supercoppa Italiana bersama Giallorossi.

Berikut ini adalah beberapa data statistik gelandang enerjik yang telah berpengalaman melintang di sepakbola Eropa.

616 – De Rossi telah bermain sebanyak 616 kali bagi AS Roma di seluruh kompetisi. Ini adalah torehan terbanyak kedua sepanjang sejarah klub dibawah sang pangeran Francesco Totti yang mencatatkan 786 kali berseragam Roma.

61 – Gelandang bertahan ini mencatatkan penampilan terbanyak di Liga Champions dibandingkan pemain Roma lainnya. Catatan 61 laga miliknya melapaui torehan Totti yang hanya bermain 57 kali di kancah Eropa.

459 – Secara keseluruhan, De Rossi telah melakoni 459 laga di Serie A bersama Roma.

249 – Ketika De Rossi bermain, Roma mencatatkan 249 kemenangan di Serie A. Mereka menorehkan 99 kali kekalahan dan 111 kali bermain imbang.

63 – De Rossi sukses mengemas 63 gol bagi Roma dalam 18 tahun karirnya di tim utama. 43 gol diantaranya terjadi di Serie A sedangkan 13 gol berhasil ia cetak di kompetisi Eropa.

117 – Hanya ada tiga pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak bagi tim nasional Italia selain De Rossi yang menorehkan 117 kali berbaju Gli Azzurri. Tiga pemain tersebut adalah Gianluigi Buffon (176), Fabio Cannavaro (136) dan Paolo Maldini (126).

21 – De Rossi sukses mencetak gol melawan 21 dari 40 tim yang ia hadapi di Serie A. Ia juga mengoleksi 21 gol di kancah internasional.

4 – Chievo adalah lawan favorit bagi De Rossi dalam urusan mencetak gol ke gawang lawan dimana gelandang bertahan ini menorehkan empat gol dalam 24 penampilan di Serie A melawan mereka.

355 – Hanya ada dua pemain dalam sejarah Roma – De Rossi dan Totti – yang mencatatkan setidaknya 500 penampilan bagi klub. De Rossi juga bermain bersama sang pangeran Ibukota tersebut sebanyak 355 kali di Serie A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *