Chelsea 0-1 Valencia: Barkley Gagal Penalti, Rodrigo Pembeda

Ross Barkley gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalty kala Chelsea yang ditukangi oleh Frank Lampard harus mengakui keunggulan Valencia 0-1 pada laga perdana fase grup H Liga Champions.

Problematika yang dihadapi Valencia di luar lapangan telah menutupi eksploitas mereka di dalam lapangan sejak Marcelino dipecat dari kursi kepelatihan pekan lalu, namun tim asuhan Albert Celades berhasil bangkit dari kekalahan telak 5-2 dari Barcelona dengan performa positif di Stamford Bridge.

Jasper Cillessen bermain sangat baik dan cedera Mason Mount semakin membuat permainan Chelsea frustrasi. Kesialan The Blues semakin kentara ketika Rodrigo Moreno sukses menjebol gawang tuan rumah setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Dani Parejo 16 menit jelang laga usai.

VAR datang sebagai penyelamat Chelsea ketika wasit memutuskan untuk memberikan hadiah penalty kepada The Blues setelah Daniel Wass melakukan handball, namun sepakan Barkley yang masuk sebagai pemain pengganti masih menerpa tiang gawang.

Jalannya Pertandingan

Setelah menorehkan hattrick melawan Wolves di akhir pekan, Tammy Abraham harus bisa memecah kebuntuan di menit ke-6 ketika ia memanfaatkan umpan silang Cesar Azpilicueta namun Cillessen melakukan penyelamatan gemilang.

Chelsea harus menelan pil pahit tak lama berselang setelah debut Mount di Liga Champions harus berakhir dengan cepat karena menderita cedera engkel setelah berduel memperebutkan bola dengan Francis Coquelin.

Tendangan voli Willian memaksa Cillessen lagi-lagi melakukan penyelamatan krusial jelang turun minum dan penjaga gawang tim nasional Belanda ini kembali berjibaku mengamankan gawangnya dengan mengantisipasi tendangan bebas Marcos Alonso.

Namun setelah Lampard melakukan perjudian dengan menarik keluar Kurt Zouma dan digantikan oleh Olivier Giroud, Valencia justru berhasil memecah kebuntuan.

Setelah lepas dari kawalan pemain belakang tuan rumah, Rodrigo sukses menjebol gawang tuan rumah lewat sontekannya memanfaatkan umpan manis Parejo.

Chelsea mendapatkan keuntungan empat menit jelang laga usai ketika wasit Cuneyt Cakir memberikan hadiah penalty setelah melihat tayang ulang VAR, namun Barkley gagal membawa The Blues menyamakan kedudukan.

Cedera Mount Kehilangan Bagi Lampard

Menambah daftar cedera, Lampard yang telah kehilangan Antonio Rudiger, Emerson dan N’Golo Kante jelang laga melawan Valencia kembali harus kehilangan salah satu pemain andalannya di lini tengah yaitu Mason Mount jelang laga melawan Liverpool di Stamford Bridge akhir pekan ini.

Rodrigo Datang di Waktu Yang Tepat

Duet lini depan Valencia beberapa kali membahayakan gawang Chelsea yang dijaga oleh Kepa Arrizabalaga khususnya Rodrigo yang beberapa kali mendapatkan peluang emas, namun pemain tim nasional Spanyol ini tidak menyia-nyiakan peluang dengan penyelesaian briliannya menggetarkan jala lawan.

Kepercayaan Diri Barkley Menjadi Boomerang

Barkley hanya berada di dalam lapangan selama tujuh menit ketika ia ditunjuk menjadi eksekutor penalty, meskipun Willian ingin mengambil penalty tersebut, dan tentu saja hal ini akan menjadi bom waktu di ruang ganti Chelsea karena pemain yang baru masuk langsung diberikan beban untuk mengambil tendangan 12 pas.

Fakta-Fakta Pertandingan

  • Ini adalah kekalahan kedua Chelsea dari 42 laga di fase grup Liga Champions di Stamford Bridge (W30 D10 L2) sejak terakhir kali menelan kekalahan dari Basel pada tahun 2013.
  • Frank Lampard menjadi pelatih pertama Chelsea yang menelan kekalahan di laga debut Liga Champions.
  • Valencia menorehkan kemenangan tandang kedua mereka di tanah Inggris pada laga Liga Champions, dimana terakhir kali Los Ches memetik kemenangan 1-0 melawan Liverpool pada Oktober 2002.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *