Catatan Penting Jelang Final Sepak Bola Asian Games 2018

Catatan Penting Jelang Final Sepak Bola Asian Games 2018

Gelaran Asian Games 2018 yang dilangsungkan di Indonesia sudah hampir usai. Persiapan upacara penutupan turnamen olah raga paling besar di Asia tersebut juga telah rampung. Begitu pula dengan cabang olah raga sepak bola yang juga telah hampir selesai. Dua negara yang selama ini memang dikenal sebagai tim terkuat di Asia yakni Jepang dan juga Korea Selatan muncul sebagai kandidat peraih medali Emas.

Dua tim tersebut akan melakoni laga final pada hari Sabtu di Stadion Pakansari Bogor. Memang tidak mengherankan lagi jika dua tim tersebutlah yang akhirnya mampu menembus babak final. Pasalnya memang kedua tim tersebut sudah menjadi langganan masuk ke Piala Dunia. Bahkan bapada Piala Dunia 2018 lalu, baik Jepang maupun Korea Selatan sama sama mampu melaju hingga babak 16 besar. Hal tersebut tentu merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi negara negara di Asia.

Pada dasarnya baik Jepang dan juga Korea Selatan melakoni laga di Asian Games dengan cukup sulit. Pasalnya Jepang dan juga Korea Selatan sama sama melaju dari fase grup dengan status sebagai Runner up saja. Korea Selatan sebelumnya sempat mengalami kekalahan mengejutkan saat melawan tim dari Asia Tenggara, Malaysia, dengan skor 1-2. Sedangkan Jepang sendiri juga pernah sekali mengalami kekalahan juga dari tim Asia Tenggara yakni Vietnam dengan skor 0-1. Kekalahan ini dirasakan oleh Jepang dan Korea Selatan pada fase grup.

Jepang tercatat baru sekali meraih juara Asian Games yakni pada edisi tahun 2010. Sedangkan untuk Korea Selatan lebih unggul dengan empat kali raihan medali emas. Pertemuan Korea Selatan dan Jepang di Asian Games terakhir kali terjadi pada tahun 2014 dimana pada saat itu Kore Selatan berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 1-0. Pada saat itu bahkan Korea Selatan keluar sebagai Juara.

Pada pertandingan final yang akan datang, Korea Selatan wajib memenangi laga tersebut jika ingin melewati Wajib Militer. Sedangkan Jepang mengincar kemenangan untuk mempertahankan posisi Jepang di klasemen perolehan medali Asian Games 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *