Borussia Dortmund 0-0 Barcelona: Ter Stegen Selamatkan Muka Valverde

Kembalinya Lionel Messi di pasca cedera di babak kedua tidak cukup untuk membawa Barcelona memetik kemenangan di laga perdana Liga Champions melawan tuan rumah Borussia Dortmund, dimana Marc-Andre ter Stegen bermain sangat luar biasa untuk mengamankan skor 0-0 dini hari tadi.

Kapten tim Messi melakoni penampilan pertamanya di musim ini setelah kembali dari cedera paha meskipun pemain yang paling vital bagi Barca yang bisa mengamankan satu poin adalah Ter Stegen yang sukses mementahkan penalty Marco Reus.

Dortmund menguasai jalannya pertandingan di babak pertama dimana hal ini sangat mengejutkan bagi dua tim yang bermain cukup menyerang, meskipun jual beli serangan banyak terjadi setelah turun minum.

Reus gagal memaksimalkan peluang untuk membawa tuan rumah unggul di menit ke-57 ketika tendangan penaltinya digagalkan oleh Ter Stegan dan kemudian peluang emas Julian Brandt dari luar kotak penalty masih menerpa tiang gawang.

Dormund mulali menunjukkan dominasinya atas juara La Liga, namun Barca hampir saja memecah kebuntuan lewat sundulan Gerard Pique di menit ke-13 namun masih belum menemui sasaran.

Tim tamu harus bergantung pada penampilan Ter Stegen untuk tetap mempertahankan gawangnya 12 menit kemudian. Penjaga gawang tim nasional Jerman tersebut berhasil menggagalkan peluang emas Reus dari jarak dekat setelah ia memanfaatkan umpan yang diberikan oleh Thorgan Hazard.

Dortmund kembali mengancam gawang Barca enam menit jelang turun minum, namun tembakan Jadon Sancho dari jarak 20 yard setelah melakukan kerja sama apik dengan Paco Alcacer lewat serangan balik harus melambung di atas mistar gawang tim tamu.

Ter Stegen sekali lagi menyelamatkan gawangnya sebelum pertandingan menginjak satu jam dengan melakukan penyelamatan brilian untuk mengantisipasi penalty Reus setelah Nelson Semedo melanggar Sancho di kotak penalty.

Messi dimainkan di babak kedua untuk menggantikan Ansu Fati yang bermain kurang impresif, yang menjadi pemain termuda Barca yang tampil di Liga Champions.

Dortmund masih terus mengancam gawang Barca melalui peluang emas Reus dan Alcacer dari jarak dekat sebelum tendangan keras Brandt dari jarak 30 yard membentur tiang gawang, namun Barca berhasil mengamankan satu poin dari kandang lawan.

Dortmund Kurang Agresif

Dortmund mungkin tidak memiliki banyak kesempatan untuk mengalahkan Barcelona yang secara mengejutkan tampil tidak dalam performa terbaik mereka.

Dengan gagal memaksimalkan penalty dan beberapa peluang emas, Dortmund bisa saja mengambil keuntungan dari Barcelona yang tampil kurang impresif.

Ter Stegen Penyelamat Barca

Dengan beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang, tidak bisa dipungkiri bahwa Ter Stegen bermain sangat vital bagi Barca untuk menyelamatkan timnya dari kekalahan. Ia melakukan penyelamatan krusial untuk menggagalkan peluang emas Reus di babak pertama dan kemudian sukses mengantisipasi penalty di babak kedua.

Griezmann Kurang Impresif

Dengan Messi yang berada di bangku cadangan dan Luis Suarez yang baru saja kembali dari cedera, Antoine Griezmann menjadi tumpuan utama di lini serang Barca, namun ia tampil kurang maksimal dengan hanya menciptakan satu peluang emas.

Dortmund akan melanjutkan petualangan mereka di Bundesliga dengan menghadapi Eintracht Frankfurt dan Werder Bremen sebelum kembali berlaga di kancah Eropa dengan bertandang ke markas Slavia Prague 3 Oktober mendatang. Sementara Barca akan menjamu Inter Milan di hari yang sama di Liga Champions, meskipun mereka harus terlebih dulu menghadapi Granada, Villareal dan Getafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *