Barcelona 5-2 Valencia: Fati Kembali Bersinar, Celades Apes

Ansu Fati kembali bermain ciamik kala Barcelona mengalahkan Valencia dengan skor 5-2 di Camp Nou akhir pekan lalu untuk mendekatkan jarak dengan Atletico Madrid sang pemuncak klasemen sementara.

Penyerang sayap yang baru berusia 16 tahun ini mencetak satu gol dan satu assist bagi gol yang dicetak oleh Frenkie de Jong di tujuh menit awal debut penuhnya bersama Los Cules. Fati menjadi pencetak gol termuda Barca setelah masuk sebagai pemain pengganti kala bermain imbang melawan Osasuna bulan lalu.

Kevin Gameiro memperkecil ketinggalan bagi Valencia, yang membuat keputusan mengejutkan pekan ini dengan memecat pelatih mereka Marcelino dan menggantinya dengan Albert Celades yang belum berpengalaman. Namun Gerard Pique membuat jalan tuan rumah semakin mudah di menit ke-51.

Luis Suarez mencetak gol perdananya musim ini setelah masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan memastikan kemenangan tuan rumah dengan gol keduanya jelang laga usai. Maxi Gomez menyumbang gol pelipur lara bagi Valencia yang merupakan gol perdananya bagi klub.

Jalannya Pertandingan

Hanya membutuhkan dua menit, Fati memaksimalkan umpan terobosan De Jong dan sukses mencetak gol perdananya di Camp Nou bagi Barca.

Fati pun kali ini menjadi inisiator lima menit kemudian setelah menusuk kotak penalty lawan dari sayap kiri dan memberikan umpan matang kepada De Jong untuk membuka pundi golnya bagi klub dengan melepaskan sepakan keras.

Barca menguasai jalannya pertandingan namun Valencia bisa bernafas kala Gameiro lepas dari perangkap offside sukses menggetarkan jala gawang tuan rumah.

Tim asuhan Ernesto Valverde kembali menambah dua gol enam menit jelang turun minum. Pique berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Antoine Griezmann yang membentur tiang gawang dan menceploskan bola ke gawang Jasper Cillessen.

Peluang emas Nelson Semedo juga masih membentur tiang gawang. Suarez masuk menggantikan Fati dan penyerang asal Uruguay tersebut masuk papan skor dengan sentuhan keduanya yang menghujam pojok kiri bawah gawang lawan.

Suarez lagi-lagi sukses menutup keunggulan tuan rumah delapan menit jelang laga usai. Dengan hasil ini Celades akan menghadapi ujian yang berat di sepanjang musim.

Barca Memanfaatkan Kekalahan Atletico

Dengan kekalahan dua gol tanpa balas yang diderita Atletico atas Real Sociedad, artinya tidak ada satupun tim di La Liga yang mengantongi rekor 100% kemenangan musim ini ketika liga baru saja melakoni pekan keempatnya.

Barca memanfaatkan kekalahan yang diderita Atletico dengan kemenangan atas Valencia dan kini hanya terpaut dua angka dari sang pemuncak klasemen. Sementara itu performa yang ditunjukkan oleh Suarez dan kawan-kawan memberikan Valverde keyakinan tinggi apalagi mereka akan memulai perjalanan mereka di ajang Liga Champions tengah pekan.

Fati Semakin Melambung

Fati mengawali musim ini sebagai penyerang sayap utama di tim B Barcelona dan semakin membuat namanya menjulang di bawah asuhan Valverde.

Ia menunjukkan kemampuan yang luar biasa di depan gawang lawan dan beberapa kali merepotkan pertahanan lawan dengan menyisir sisi kiri untuk memberikan umpan matang untuk gol yang dicetak oleh De Jong. Fati pun memiliki dua peluang emas dari jarak jauh sebelum ditarik keluar disambut dengan tepuk tangan para pendukung.

Kesialan Cillessen Berlanjut

Pada laga perdananya di Camp Nou sejak bergabung dengan Valencia bulan Juni lalu, Cillessen hanya melakukan satu kali penyelamatan dan membiarkan Pique mencetak gol mudah setelah memanfaatkan bola muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *